Laman

Rabu, 07 Desember 2011

Bupati Serahkan 14 Hasil PNPM-MP


Pilarrakyat----Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan  (PNPM-MP) ternyata telah mampu menggerakan masyarakat dalam membangun wilayahnya. Seperti terjadi di Kabupaten Madiun Jawa Timur. Sekitar 14 sarana prasarana hasil PNPM-MP tahun 2011 senilai Rp. 7.377.225.000,- kini telah diserahkan kepada Unit Pengelola Kecamatan (UPK) se Kab. Madiun.

Penyerahan dan penandatangan prasasti dilakukan langsung oleh Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos, kemarin (7/12) disaksikan oleh Wakil Bupati  Sekda kab. Madin, Ketua TP PKK Kab. Madiun Sri Purwanti Muhtarom, S.Pd,.

“PNPM-MP merupakan bentuk nyata upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dan juga pembangunan sarana infrastruktur desa,” kata Bupati H. Muhtarom.

Karena itu, Bupati menghimbau agar sarana yang telah dibangun bersama selama ini dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik. Sisi lain, tambahnya, dengan banyaknya ruas jalan kabupaten yang rusak, hal ini sebagai dampak dari musim penghujan yang turun hampir selama 2 tahun.

Sehingga, jelasnya, membuat kondisi lapisan tanah dibawah aspal jalan lembek dan berakibat rusaknya lapisan aspal yang ada. “Karena itu, apabila akan memperbaiki jalan, lebih baik menggunakan system rabat beton sebagaimana dicontohkan PNPM-MP. Disamping hemat biaya, rabat betom mempunyai kecenderungan tersendiri, yaitu lebih tahan air,” pinta pemimpin kharismatik ini.

Dalam kesempatan sama, Bupati Muhtarom, juga meresmikan Pembangunan MCK Plus untuk Ds. Klitik Kec. Wonoasri, Ds. Tempursari Kec. Wungu , Ds/Kec. Dagangan, Ds. Nampu Kec. Gemarang. Serta menyerahkan Pengelolaan dana Bergulir untuk Kelompok Masyarakat (Pokmas) dari hasil dana PNPM-PM Tahun Anggaran 2011.  

Penyerahan penghargaan kepada Pelaku PNPM-MP tahun 2011 dari dana APBN 2011 dari Unsur Pendamping Lapangan, Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), Kelompok SPP dan Tim Pengelola Kegiatan (TPK). Diserahkan pula dana Bantuan Sosial untuk pemugaran RTLH tahun 2011 untuk Rumah Tangga Miskin, Bantuan 15 paket beras dari BPR Kab. Madiun untuk Rumah Tangga Sasaran (RTS), Bantuan 20 paket beras untuk serta bantuan peralatan sekolahbagi siswa TK dan SD dari Bank Jatim Cabang Madiun. (hms/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar