Laman

Selasa, 29 November 2011

Bupati Serukan Semangat Kebangsaan dan Nasionalisme


Madiun---Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos menyerukan kepada segenap tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen-elemen masyarakat sebagai generasi penerus bangsa, untuk terus meningkatkan semangat kebangsaan serta nasionalisme menuju kehidupan yang berkualitas.

Hal itu ditegaskan Bupati Muhtarom saat membuka kegiatan sosialisasi pemantapan wawasan kebangsaan diselenggarakan Bakesbangpol dan Linmas Kab Madiun di Gedung Pertemuan PG. Redjoagung Baru Kota Madiun, Selasa (29/11/11).

“Bangsa kita saat ini membutuhkan tampilnya pemuda yang memiliki solidaritas kuat, profesionalisme dan semangat integritas yang tinggi dalam menghadapi tantangan jaman,” kata Bupati H.Muhtarom.  

Kegiatan sosialisasi kebangsaan dengan tema Aktualisasi 4 pilar kebangsaan secara konsekuen dan sportif demi terwujudnya Kabupaten Madiun Sejahtera”, dihadiri sekitar 400 orang. Terdiri dari jajaran TNI, Polri, Satuan Kerja Pemkab Madiun, LSM/Ormas dan Pondok Pesantren. Dengan narasumber dari Komandan Kodim 0803 Madiun, Polres Madiun dan Kajari Madiun.

Menurut Bupati Muhtarom, aktualisasi wawasan kebangsaan dalam pandangan kesatuan bangsa dapat diwujudkan bila semua golongan berusaha menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Karena itu, tambahnya, sebagai generasi muda penerus bangsa, wajib dan harus mencintai tanah air serta bersedia memperjuangkan kelangsungan hidup bangsa dan Negara, untuk mencapai tujuan, yaitu terciptanya masyarakat yang adil dan makmur dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Masih adanya kelemahan-kelemahan hendaknya dapat digunakan sebagai bentuk panggilan tanggungjawab kita sebagai generasi penerus bangsa untuk memperbaiki  dengan pola pandangan, bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini,” pinta Muhtarom.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bakesbangpol dan Linmas Kab Madiun Kurnia Aminulloh, BA, menilai Indonesia saat ini memerlukan suatu perubahan besar terkait nilai-nilai wawasan kebangsaan yang semakin luntur di era kemajuan zaman.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, khususnya terkait dengan empat pilar kebangsaan yang saat ini sudah kendor (luntur,red),” kata Kurnia Aminulloh, BA.

Ditegaskan, kegiatan ini direncanakan juga akan dilakukan secara kontinyu sampai tingkat kecamatan. “Kegiatan sosialisasi pemantapan wawasan kebangsan terus kita lakukan, supaya lebih mengena ke masyarakat,” jelasnya. (kholis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar