Laman

Senin, 17 Oktober 2011

Petani Madiun Siap Tingkatkan Budidaya Jamur Tiram




PilarRakyat, Madiun
Kelompok tani di Kabupaten Madiun Jawa Timur, mulai berupaya mengembangkan budidaya jamur tiram, lantaran bernilai ekonomi tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah setempat.

"Budidaya jamur tiram akan terus kita kembangkan. Mengingat pangsa pasar budidaya ini semakin menjanjikan," kata, Sujiman,  salah seorang petani budidaya jamur tiram di Kec Sawahan Kab Madiun, usai mengikuti study banding bersama ke petani jamur tiram, “Omah Raja Jamur” di Cemaraharjo Desa Candibinangun Pakem Kab. Sleman Yogyakarta, Sabtu (15/10) kemarin.

Kegiatan study banding diadakan Humas dan Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun, juga  diikuti para wartawan Madiun. Mereka langsung diterima oleh Candra, pemilik sekaligus ketua kelompok budidaya jamur tiram “Omah Raja Jamur”.

Disinggung mengenai hasil dari study banding, Sujiman, menjelaskan jika jamur tiram selain memiliki cita rasa yang khas, juga memiliki nilai gizi yang tinggi serta mengandung protein sebanyak 19 - 35 persen dari berat kering jamur, dan karbohidrat sebanyak 46,6 - 81,8 persen.

”Jamur tiram adalah jenis jamur kayu yang enak dimakan serta memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dan dapat dipanen dua hari setelah tunasnya kelihatan sudah besar. Sedangkan untuk memanennya cukup dicabut sampai pangkalnya,” jelasnya.  

Sisi lain, upaya pengembangan budidaya jamur tiram tidaklah sulit seperti yang dibayangkan. Jamur tiram maupun jamur kuping dapat dibudidayakan di daerah panas maupun dingin. Kelembaban antara 80 s/d 90 %, Cahaya 10 % dalam kubung jamur dan kadar air dalam baglog 60 s/d 65 %.  Suhu untuk jamur kuping berkisar 20 s/d 22 derajat celsius.

“Sedangkan jamur tiram suhunya 2222 s/d 28 derajat Celsius. Hanya saja, tambahnya, harus hati-hati dan teliti dalam pengelolaanya. Demikian juga dengan sarana yang digunakan, semua ada disekitar kita,” papar Sujiman yang mengaku telah mendapatkan wawasan cukup banyak dari study banding ini. 

”Kami berharap ke depan usaha bididaya jamur tiram yang dikembangkan saat ini dapat meningkat dan mampu menambah hasil produksi dan pendapatan keluarganya. Sehingga visi misi Kab. Madiun Sejahtera 2013 dapat terwujud,” tambahnya. (hwi)

1 komentar: